pusjatan-4

Inovasi adalah “The Conversion of Novelty into Value”, petikan tersebut adalah bagian dari presentasi Michael Scharge di Seminar sehari “Innovation Stimulation for Effective Business Process for Infrastructure Provision di gedung SDA, KemenPUPR (16/11). Seminar ini adalah kerjasama Kementerian PUPR dengan Industrial Liaison Program – Massachusetts Institute of Technology, yang menghadirkan pakar manajemen inovasi dunia.

Kepala Puslitbang Jalan dan Jembatan, Hery Vaza, selaku ketua panitia seminar ini menyampaikan bahwa Indonesia membutuhkan penerapan pengelolaan manajemen modern guna mendukung munculnya berbagai inovasi. Strategi manajemen inovasi modern banyak diterapkan oleh negara maju, salah satunya adalah Amerika Serikat. Maka, hadirnya pembicara dari MIT pada seminar hari ini adalah kesempatan yang baik untuk menambah wawasan kita dibidang manajemen inovasi.

Dalam sambutannya mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktur Jenderal Bina Marga, Hediyanto Husnaini menekankan bahwa dalah era pemerintahan Presiden Jokowi dengan Nawa Cita-nya, menuntut KemenPUPR bekerja lebih cepat, bukan lagi wacana namun real challenge. “Birokrasi harus cepat, dan saat ini kita harus membangun birokrasi modern, tambah Hediyanto.

Hediyanto juga mengungkapkan bahwa KemenPUPR perlu memikirkan untuk pembentukan grup inovasi yang inisiasinya dapat memulai oleh Puslitbang Jalan dan Jembatan. Kerjasama dengan MIT merupakan langkah yang tepat, karena MIT memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengedepankan inovasi untuk kemajuan dunia.

Dalam seminar ini, Michael Scharge menyampaikan bahwa inovasi adalah hal mendasar yang perlu dilakukan tiap institusi. Pengelolaan inovasi yang baik akan memberikan keuntungan bagi institusi. Dia juga menekankan bahwa inovasi harus dibarengi kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga institusi dapat lebih inovatif. untuk itu, KemenPUPR diharapkan dapat melakukan pengelolaan inovasi yang melibatkan berbagai pihak pendukung agar mampu menghasilkan inovasi infrastructure yang handal. (DSD)

sumber: http://www.pusjatan.pu.go.id/index.php/en/news/item/430-pengelolaan-inovasi-sebagai-kunci-kemajuan-infrastuktur-nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *