img_7075

Dalam  struktur  kurikulum  Diklat  Kepemimpinan  Tingkat  II, Mata Diklat benchmarking to best practice merupakan salah satu mata Diklat yang didalamnya bertujuan untuk mengadopsi dan mengadaptasi best practices dari instansi yang dikunjungi. Adopsi dan adaptasi pada kegiatan benchmarking ini kemudian secara fungsional dipergunakan dalam mendukung kreativitas dan mendukung inovasi pelaksanaan proyek perubahan, termasuk dalam melakukan berbagai perubahan pasca pelaksanaan Diklat.

Untuk mencapai tujuan seperti yang diuraikan di  atas, maka penyelenggara memilih Negara Vietnam dan Negara Thailand  sebagai lokus pelaksanaan benchmarking. Tentu saja pertimbangannya adalah karena negara ini memiliki sejumlah best practice yang dapat menjadi sumber inovasi pembelajaran peserta Diklatpim Tk. II baik dalam melaksanakan proyek perubahan maupun dalam mengelola unit kerjanya menuju organisasi berkinerja tinggi.

Dengan demikian, hasil pengalaman peserta selama mengikuti kegiatan benchmarking dapat dipergunakan sebagai bahan  referensi dalam meningkatkan kemampuan yang profesional, jujur, adil, beretika dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas pelayanan publik kepada masyarakat secara totalitas. Selain itu peserta diwajibkan menyusun laporan bencmarking dalam suatu laporan yang dilakukan secara perorangan dan kelompok melalui kegiatan Group Decision Making maupun secara kolektif dalam satu angkatan (integrasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *